Menginstal Windows 7 Pada VirtualBox Machine

Oleh nn koto
Kamis, 09 Oktober 2014 13:07:28 Klik: 1265 Cetak: 561 Kirim-kirim Print version download versi msword
Klik untuk melihat foto lainnya...

 

A.Install Mesin Virtual Pada Windows 7
 1.      Berikutnya kita akan  membuat virtual machine-nya, Untuk OS Tambahan, kita  Klik New di VirtualBox Manager untuk memulai.

2.      2. Akan terbuka jendela  New Virtual Machine Wizard. Klik Next untuk melanjutkan.


3.
Pada halaman “Create Virtual Machine” Name, tuliskan sistem operasi guest yang akan diinstall, Windows 7. Nama sistem operasi guest juga digunakan sebagai nama folder untuk lokasi file sistem operasi guest (pada Windows 7 lokasi default folder mesin virtual adalah C:\Users\Account-Login\VirtualBox VMs). Pada bagian Type, pilih Windows 7 dan di bagian Version, sesuaikan versi Windows 7 yang akan diinstall, apakah versi 32-bit atau versi 64-bit. Selanjutnya tekan tombol Next

4. Berikutnya kita tenentukan berapa besar memory (RAM) untuk virtual machine ini nantinya. untuk Windows 7 , 32 Bit kita tetapkan memori 512 MB, lalu klik Next.

5. Selanjutnya kita membuat virtual Media Penyimpanan, pastikan Anda men-centang/contreng Boot Hard Disk dan juga memilih Create new hard disk, Dalam pengaturan hard disk virtual, tersedia 3 (tiga) opsi yang dapat digunakan:

  • Do not add a virtual hard drive
    Opsi ini digunakan untuk pengguna tingkat mahir, karena hard disk virtual akan dibuat dalam pengaturan terpisah dan setelah pembuatan mesin virtual Windows 7 selesai dilakukan.

SCreate a virtual hard drive now
Opsi ini digunakan untuk membuat hard disk virtual baru bersamaan dengan pembuatan mesin virtual Windows 7.

  • Use an existing virtual hard drive
    Gunakan opsi ini untuk memilih hard disk virtual yang sudah ada.

Pilih opsi Create a virtual hard drive now karena kita akan langsung membuat hard disk virtual untuk mesin virtual Windows 7. Kemudian tekan tombol Create.

6. Layar selanjutnya untuk menentukan jenis (ekstensi) file hard disk virtual yang akan dibuat. Standarnya VirtualBox menggunakan format file VDI (VirtualBox Disk Image) untuk penyimpanan hard disk virtual.

VirtualBox juga mendukung pembacaan jenis file dari aplikasi-aplikasi virtual lainnya, seperti VMDK (Virtual Machine Disk) yang merupakan format dari aplikasi virtual Vmware, VHD (Virtual Hard Disk) format dari Microsoft Virtual PC, HDD (Parallels Hard Disk) format aplikasi virtual dari Parallels atau format dari aplikasi virtual QEMU. Disini kita pilih  VDI (VirtualBox Disk Image) dan klik Next

7. berikutnya tentukan "bagaimana" hard disk virtual yang akan dibuat tersebut disimpan pada hard disk fisik (hard disk host).

  • Dynamically allocated,
    Artinya kapasitas hard disk fisik akan digunakan berdasarkan berapa kapasitas hard disk virtual sudah terpakai dan tidak berdasarkan berapa ukuran hard disk virtual ditentukan. Kapasitas hard disk virtual akan dibatasi berdasarkan ukuran yang telah ditentukan.
  • Fixed size,
    Artinya kapasitas hard disk fisik akan digunakan berdasarkan ukuran kapasitas hard disk virtual dibuat, walaupun kapasitas hard disk virtual tersebut masih kosong atau belum digunakan.

Disini kitapilih opsi Dynamically allocated, kemudian tekan tombol Next.

 

8. Tahapan  selanjutnya menentukan nama Virtual dan nama folder tempat menyimpan file-file mesin virtual yang akan kita buat. Kita juga dapat menempatkan file-file mesin virtual ke dalam folder atau direktori yang sudah ada, atau pada hard disk lain yang berbeda dengan hard disk yang digunakan oleh sistem operasi utama.


9. Di layar ini, kita juga dapat merubah kapasitas hard disk virtual yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhankita. Jika dalam langkah sebelumnya kita memilih opsi Dynamically allocated, maka kita dapat membuat ukuran hard disk virtual, Untuk Windows 7 Kita tetapkan 50 Gb. 30 Untuk Partisi C, dan sisanya untuk partisi D, Tekan tombol Create untuk membuat mesin virtual Windows 7

 

Selesai proses tersebut, di bagian kiri layar aplikasi VirtualBox, akan ditampilkan sebuah mesin virtual Windows 7 dalam keadaan kosong dan siap untuk diinstall.

 

B. Install OS Windows 7 Virtual

Langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi OS Windows 7 pada mesin virtual Windows 7 yang kita buat.

Sebelum Proses Instalasi Operating System, layaknya kita menginstal pada Laptop atau Personal Komputer kita Konfigurasi BIOS, Pada VirtualBox Kita Konfigurasi Mesin Virtualnya. Dengan langkah :

Klik Mesin + setting + Penyimpanan, Pada pengerndalian IDE Kita pilih media yang Kita gunakan Menginstal menggunakan DVD/ CD atau master Berbentuk Image (ISO) Untuk Proses Instalasi.

Sekarang  Menggunakan DVD sebagai media Istalasi kita konfigurasi pada Pohon Penyimpanan Klik Kosong (empty) pada pengendali IDE dan pada atribut kita pilih IDE Master Primer ( Drive DVD untuk Proses Instalasi) Klik OK

Sekarang kita mulai proses Instalasi, Masukan DVD Master Windows 7 kedalam DVD Rom, kemudian, Klik ganda pada mesin virtual Windows 7 atau klik tombol Start (icon panah) untuk menjalankan mesin virtual Windows 7.

Jika Pertama kali kita Menginstal Guest OS di Mesi Virtual, VirtualBox akan menampilkan kotak dialog yang berguna untuk memilih disk drive yang berfungsi sebagai start-up jika kita menggunakan media DVD atau CD Untuk Proses Instalasi.

Klik icon di bagian kanan untuk memilih master Windows 7.


Pilih master sistem operasi yang akan digunakan. Format file master sistem operasi dapat dalam bentuk iso, cdr atau dmg. Klik ganda pada file master Windows 7 atau klik tombol Open untuk menutup pop-up pemilihan file dan kembali ke layar sebelumnya.


Setelah itu, klik tombol Start untuk memulai proses instalasi mesin virtual Windows 7.

Untuk proses instalasi selanjutnya, langkah-langkah dan tahapan yang akan dilakukan sama seperti instalasi Windows 7 pada komputer "nyata".  

 

C. Permasalahan Instalasi (Troubleshooting)

Apabila pada langkah ketiga kita tidak memilih master sistem operasi atau media instalasi (master sistem operasi) yang kita gunakan rusak, maka VirtualBox akan menampilkan informasi kesalahan dan sistem pada mesin virtual akan terkunci (halted) dimana keyboard atau mouse pada mesin virtual tidak akan berfungsi lagi.


Langkah pertama adalah memilih media instalasi pada menu Devices kemudian pada opsi CD/DVC Devices pilih master sistem operasi dari daftar yang ada, atau klik icon Choose a virtual CD/DVD disk file di bagian paling atas untuk memlih master sistem operasi baru.


Matikan mesin virtual tersebut dengan cara mengklik tombol silang pada layar mesin virtual.
 

Selanjutnya, pilih opsi Power off the machine untuk mematikan mesin virtual dan melakukan perbaikan terhadap kesalahan yang dilakukan.


Setelah itu, jalankan mesin virtual untuk memulai kembali proses instalasi Windows 7

 
Berita Berita Terkini Lainnya
. Kabid Pembinaan SMK beserta Staff Sumatera Barat langsung melihat kondisi SMK N 8 Padang pasca banji
. SMK N 8 Padang kembali dilanda Banjir
. Salah Satu Kegiatan Revitalisasi Pendidikan
. RANGKUMAN JADWAL SNMPTN 2019
. Pengumuman Kelulusan 2018
. Logo Hut RI ke 72
. Daftar Nama Siswa Lulus SMKN 8 Padang TA 2016/2017
. Instalasi Wave converter
. Prestasi Membanggakan Guru SMK Negeri 8 Padang
. Menginstal VirtualBox Pada OS Windows
  Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg
>           01 02
> 03 04 05 06 07 08 09
> 10 11 12 13 14 15 16
> 17 18 19 20 21 22 23
> 24 25 26 27 28 29 30
> 31            



Kegiatan Minggu ini

Tidak ada kegiatan minggu ini


Search events by...



Kegiatan Hari Ini

Tidak ada kegiatan hari ini
Posting Terbaru
. EKSTRAKURIKULER
. Hallo
Respon Terbaru
Nama*
Email
Pesan*
Code
   *wajib diisi

Selamat Datang Administrator:
Guest(s): 2
Member(s): 1
Total Online: 3
Arsip Berita
Nopember 2013
Maret 2014
Oktober 2014
Nopember 2014
Februari 2015
Juni 2016
September 2016
Mei 2017
Juli 2017
Mei 2018
Oktober 2018
Nopember 2018